Status Gunung Api

led_yellow SOPUTAN 03 Oktober 2018
led_yellow MERAPI 21 Mei 2018

Keterangan :

led_red_blink Level IV (AWAS)
led_orange_blink Level III (SIAGA)
led_yellow Level II (WASPADA)
led_green Level I (NORMAL)


Selengkapnya>>

Hujan Telah TIba, Jangan Mau Menjadi Korban Bencana

Mari Kerja Bhakti Bersihkan Lingkungan dan Membuang Sampah Pada Tempatnya

 

Berikut adalah beberapa Tips mencegah Bencana Banjir Melanda  :

Banjir adalah salah satu hal sumber dari penyakit. Air yang tergenang bisa berasal dari mana saja dan akhirnya menyebabkan penyakit. Memasuki musim hujan, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari banjir untuk menjaga agar lingkungan tetap sehat. Apa saja tipsnya? 

Membuat saluran air dengan baik

Saluran air yang baik akan membantu air hujan mengalir tanpa hambatan. Saluran air ini bisa berupa saluran air hujan, selokan dan juga saluran untuk air hujan dari atap. Untuk membuat saluran air dengan baik, maka pelajari dahulu cara membuatnya. 

Melakukan reboisasi 

Reboisasi adalah penanaman kembali. Jika anda memiliki sebuah lahan, maka jangan biarkan lahan tersebut kosong dan coba buat taman dengan menggunakan lahan tersebut. Taman bisa ditanami dengan tanaman terutama yang memiliki penyerapan yang baik. Selain itu hindari menebang pohon di hutan secara sembarangan. 

Meningkatkan lahan penyerapan air 

Jika anda punya halaman, jangan menutupnya dengan beton. Melainkan gunakan paving sehingga masih ada lahan untuk penyerapan air. 

Pastikan selokan berfungsi dengan baik 

Selokan adalah salah satu hal terbaik untuk membantu anda menyalurkan air. Untuk menghindari banjir, pastikan selokan anda selalu bersih. 

Buang sampah pada tempatnya 

Sampah yang dibuang sembarangan akan berakhir mengalir ke saluran air dan menyumbatnya. Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari buang sampah sembarangan. 

Menghindari tepi sungai untuk membangun rumah

Daerah tepi sungai memiliki potensi banjir yang tinggi serta memiliki lingkungan yang tidak sehat. 

(Kemenkes)