Status Gunung Api

led_yellow SOPUTAN 03 Oktober 2018
led_yellow MERAPI 21 Mei 2018

Keterangan :

led_red_blink Level IV (AWAS)
led_orange_blink Level III (SIAGA)
led_yellow Level II (WASPADA)
led_green Level I (NORMAL)


Selengkapnya>>

Selamat Jalan Pak Sutopo, The First Responders!

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019), Pak Sutopo meninggal dunia saat sedang menjalani pengobatan penyakit kanker yang dideritanya di St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, sejak 15 Juni 2019 yang lalu. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh.

Sejak beliau divonis kanker Desember akhir 2017, beliau masih terus gigih dalam melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia selama 2018 hingga pertengahan 2019. Bahkan beliau masih sempat melakukan konferensi pers secara bersinambungan pada saat terjadi bencana gempabumi Lombok dan gempabumi Palu ditengah rasa sakit yang menderanya. Perjuangannya kala mengabarkan informasi bencana alam di Indonesia dalam keadaan sakit kanker, menarik minat media asing untuk menuliskan ceritanya. 

Salah satu media internasional yang tertarik menulis tentang sosok Sutopo adalah media asal Amerika Serikat, New York Times. Sosok Sutopo tersebut, ditulis untuk edisi The Saturday Profile New York Times.

"Saat saya tanya, 'Apa yang menarik dari saya sehingga Pak Paddock datang ke sini?'. Dia mengatakan, 'Apa yang kamu lakukan sangat menarik diberitakan. Dari sisi kemanusiaan sangat menarik. Indonesia ditimpa banyak bencana yang menimbulkan ribuan korban jiwa. Di saat bersamaan, Pak Topo yang sakit kanker paru stadium 4b. Sakit kritis yang pasti menyakitkan. Tapi terus-menerus memberikan informasi bencana tanpa menyerah dan mengenal lelah. Ini sangat menginspirasi. Media internasional juga banyak memberitakanmu. Merujuk semua informasimu. Penjelasan yang kamu berikan cepat, akurat, dan menenangkan banyak pihak'," ujar Sutopo dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (30/12/2018).

Gempa Terkini

Waktu Gempa : 11-Nov-19 16:20:59 WIB

Magnitudo : 5.0 SR

Kedalaman : 10 Km

Lokasi : 166 km BaratLaut MALUKUTENGGARABRT

Selengkapnya>>